Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF

bagaimana cara untuk menyimpan halaman web dalam bentuk file PDF? Ada beberapa cara yang dapat kita manfaatkan untuk mengubah halaman web menjadi sebuah file PDF. Hal ini tergantung pada browser yang kita gunakan.

Browser yang sering digunakan saat ini adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Oleh karena itu, kita akan menyimpan file PDF menggunakan kedua browser ini.
Google Chrome
Mungkin cara ini merupakan cara yang paling mudah karena pada Google Chrome sudah terdapat fasilitas untuk menyimpan halaman web langsung menjadi file PDF, yaitu pada menu print. Tekan tombol menu di bagian kanan atas pada Google Chrome > Print... .

 Akan muncul halaman print, Tekan tombol Change, kemudian pilih Safe as PDF.

 



Anda dapat mengatur halaman mana saja yang akan disimpan, layout, margin serta header dan background. Jika sudah klik Save.

Mozilla Firefox
Pada Firefox belum ada tool default untuk menyimpan halaman web menjadi PDf, tapi kita dapat menggunakan Add-ons yang tersedia. Buka Menu Firefox di kiri atas > Add-ons, ketikkan di search bar dengan kata kunci "save as pdf", akan muncul Add-ons dengan Save as PDF 1.5, klik Install. Jika sudah selesai akan ada konfirmasi untuk merestart Firefox.
 

Penggunaan Add-ons ini juga sangat mudah, ketika membuka halaman web yang ingin disimpan sebagai file PDF, Anda cukup menekan icon Save as PDF dan akan muncul jendela Save As.


Selain teknik di atas, tentunya masih ada cara-cara lainnya yang dapat digunakan untuk menyimpan halaman web menjadi file PDF. Dari kedua browser di atas sepertinya mengggunakan Google Chrome lebih mudah karena kita tidak perlu menambahkan Add-ons, tapi tidak semua orang suka menggunakan Chrome. Anda dapat memilih cara yang termudah. 
Previous
Next Post »