Manfaat Bunga Matahari

Apa saja manfaat bunga matahari bagi kesehatan tubuh manusia? Bunga matahari merupakan tanaman yang menarik dengan kelopak bunga berukuran besar. Siapa sangka dari bentuknya yang indah tersebut ternyata bunga bernama latin Heliantus Annuus L ini mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.
Mulai dari bagian bunga dari tanaman ini berguna untuk menurunkan tekananan darah dan mengurangi nyeri luka. Bijinya, selain enak dijadikan cemilan, juga sangat berkhasiat untuk mengatasi disentri, meningkatkan produksi hormon dan enzim, serta menyembuhkan penyakit campak. Sedangkan, daun bunga matahari dapat dijadikan sebagai obat anti radang, anti malaria, dan mengurangi nyeri. Dan untuk bagian akarnya biasa dipakai untuk anti radang, pereda batuk, peluruh air seni, dan menghilangkan nyeri.
Sakit Kepala

Bagi yang tengah dilanda sakit kepala yang cukup berat, jangan lekas meminum obat kimia, anda bisa menggunakan bagian dari bunga matahari untuk meredakannya. Siapkan 30 gram bunga matahari dan 10 gram jahe. Kemudian rebus kedua bahan ini dengan air sebanyak 600 cc. Tunggu sampai mendidih dan airnya tinggal menyisakan setengahnya saja (300 cc). Air rebusan bisa diminum sesudah makan.
Badan Lemah Setelah Melahirkan
Proses persalinan memang membutuhkan tenaga yang ekstra banyak. Akibatnya, setelah bayi lahir, tubuh si ibu langsung terasa lemah tak berdaya. Untuk meningkatkan staminanya kembali, ambil bagian tengah batang bunga matahari atau biasa disebut sumsum sebanyak 30 gram. Setelah itu, rebuslah sumsum tersebut di dalam 400 cc air. Rebus hingga air di panci hanya tersisa 200 cc saja. Selanjutnya, air rebusan dapat disaring untuk memisahkan ampasnya. Air bisa diminum secara rutin sekali sehari.
Mastitis
Bagi anda yang mengidap mastitis cobalah obat herbal dari bunga matahari. Caranya ambil bunga matahari secukupnya lalu potong kecil-kecil. Kemudian sangrailah potongan-potongan tersebut hingga agak hangus. Selanjutnya, potongan bunga matahari yang telah hangus bisa digiling memakai blender agar menjadi bubuk. Berikutnya, rebus 10 gram bubuk bunga matahari, 5 gram jahe, 1 gelas air dan madu secukupnya. Rebus hingga mendidih. Minum secara rutin sebanyak tiga kali sehari.
Previous
Next Post »