Tips memilih Vga card

pertama-tama saya akan menjelaskan dulu apa yang dimaksud dengan vga. vga atau Video Graphic Accelerator adalah suatu perangkat yang membantu PC menghasilkan gambar yang bagus dan tajam, ada yang bilang vga adalah mini PC yang khusus mengatur tampilan komputer, karena di dalam vga ada proccessor, memory, board dan lain-lain. Perangkat ini biasanya digunakan untuk bermain game, sebuah perangkat PC desktop dengan spek tinggi tetapi tidak dilengkapi vga yang mumpuni maka PC itu tidak akan mampu menjalankan game-game dengan graphic yang memukau dan memanjakan mata, oke bagaimana memilih vga yang sesuai kebutuhan anda ? lihatlah poin-poin yang penting dibawah ini

1. Slot Motherboard sudah PCI Express(PCI-ex) tetapi tipe memory masih DDR3
sedangkan di pasaran vga jenis memory DDR2 sudah tidak ada, rata2 sudah mengusung DDR5, jangan takut ! selama slot-nya PCI-ex vga pasti akan berjalan normal, semakin tinggi tipe DDR-nya maka vga tersebut memiliki kemampuan yang lebih baik.

2. Perhatikan jenis dan seri chipset vga
kebanyakan orang berpikir jenis chipset Nvidia dan AMD (dulu ATI radeon) adalah merk, banyak customer datang ke toko bilang “ada VGA merk nvidia geforce?” atau “ada VGA merk ATI radeon?” nvidia dan AMD bukanlah merk tapi chipset kalau untuk merk banyak sekali jenisnya. nvidia dan AMD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung kebutuhan dan permintaan anda, misalkan anda menginginkan game dengan kualitas gambar dengan shader pixel yang bagus maka pilihan anda akan jatuh pada AMD cek juga seri chipsetnya misalnya seri 5570 atau 6570, logikanya semakin tinggi serinya kemampuan vga pun semakin tinggi. jika anda menginginkan kecepatan graphic tanpa lag-ing maka gunakan vga dengan chipset nvidia, chipset ini juga cocok untuk rendering, jangan lupa cek seri chipset nvidia misalnya gt 210 atau gt220 semakin tinggi serinya maka kemampuanya akan semakin baik.

3. Jangan tergiur dengan memory tinggi
Dulu saya pun tidak mengerti dan mementingkan memory yang besar tapi sekarang saya sudah mengenal perbedaannya. Dan pedagang yang ‘nakal’ akan membuai anda dengan VGA ber memory tinggi 1 GB atau 2 GB, stop! jangan terbuai janji manisnya, VGA dengan memory tinggi belum tentu memiliki performa untuk menghasilkan graphic yang indah, lihat spek VGA berapa seri proccessornya dan berapa bit-nya bukan byte tapi bit jangan tertukar, untuk main game masa kini gunakan VGA dengan 128-bit ke atas atau 64-bit dengan tipe memory DDR3 atau DDR5.

4. Pastikan garansi vga
garansi hanya untuk berjaga-jaga jikalau vga yang anda beli mati dalam waktu 3 bulan, sehingga anda tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membeli yang baru cukup mengklaim garansi saja, yaaa tunggu saja 2-3 minggu untuk dapatkan vga anda kembali. (Dengan kata lain lebih baik membeli baru jika ingin mempunyai garansi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan)


5. Game apa yang hendak akan anda mainkan
jangan sampai anda membeli cga GTX 550 Ti ddr5 1 gb 256-bit hanya untuk bermain zuma atau game-game yang enteng,jadi lebih baik pilihlah vga yang sesuai dengan kebutuhan anda, kalau untuk bermain game anak-anak cukup dengan gt 210 ddr3 1gb 64-bit. belilah sesuai kebutuhan agar dapat membeli perangkat lainnya jika dibutuhkan.

6. Cara memilih Vga seken ( bekas )
anda pasti akan tergiur dengan harga yang jauh lebih murah dengan kualitas yang sama , tetapi harus behati-hati dengan kata lain cek barang yang anda akan beli ( biasanya membeli barang bekas secara online ) . cek dari kondisi apakah tampilan luar vga masi mulus lalu alasan kenapa vga tersebut dijual dan akan lebih baik ada garansi tokonya ,serta kelengkapan yang komplit .

poin-poin diatas merupakan salah satu hal yang harus diutamakan jika ingin membeli vga , dengan adanya  poin-poin diatas anda dapat menyimpulkan sendiri lebih baik akan membeli vga yang mana dan memilih tipe yang seperti apa .
Tips memilih Vga card Tips memilih Vga card Reviewed by Erwin Hauw on 11/24/2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.