Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Apakah anda ingin menanam bunga matahari di dalam pot? Bunga matahari (sunflower) mempunyai ciri khas bentuk bunganya yang menyerupai matahari dengan arah gerak yang selalu menghadap ke sumber cahaya. Ini juga yang membuat tanaman bunga matahari membutuhkan air dalam jumlah yang banyak, di samping bentuk daunnya yang lebar.
Dari faktor-faktor di atas, banyak orang yang menganggap bahwa memelihara bunga matahari di pot terdengar mustahil. Jikalau tumbuh, tentu batangnya akan kurus dan tidak bisa berbunga. Tenang. Untuk mengatasi segala kemungkinan buruk ini, kami sudah menyiapkan solusinya.
Alat dan Bahan :

  • Biji bunga matahari
  • Pot ukuran sedang-besar
  • Kotak/peti kayu
  • Tanah
  • Pasir
  • Pupuk kompos
  • Pupuk kandang
  • Air
  • Sekop
Langkah-langkah :
  1. Siapkan biji bunga matahari yang bisa anda peroleh di toko-toko pertanian. Adapun jenis bunga yang kami rekomendasikan antara lain Pacino Gold, Autumn Beauty, Velvet Queen, Big Smile, dan Teddy Bear.
  2. Penyemaian dilakukan di sebuah peti kayu yang telah diisi tanah dan pupuk kompos. Buat lubang tanam seukuran jari telunjuk, lalu masukkan biji bunga dan kubur kembali.
  3. Jangan lupa tutup peti tersebut memakai plastik bening berlubang agar tidak mudah rusak. Simpan media penyemaian ini di tempat yang mendapatkan sinar matahari. Pastikan anda menyiramnya secara rutin agar tanah di dalamnya tidak kering.
  4. Bibit bunga matahari yang tumbuh bisa ditanam apabila sudah berumur 7-10 hari, di mana terdapat daun kecil di kecambahnya. Hati-hati, terlambat menanamkan benih bisa berakibat pada kematian benih tersebut.
  5. Media tanam yang dimasukkan ke dalam pot berupa campuran tanah, pasir, pupuk kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:4:1:1 atau sesuai kondisi tanah. Kuncinya, bunga matahari sangat menyukai air sehingga tanah yang digunakan pun sebaiknya mampu menahan air. Hindari menggunakan pupuk kimia karena pemakaiannya harus dalam komposisi yang tepat.
  6. Setiap pot cukup ditanami satu bibit. Penanaman yang terlalu rapat justru mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi buruk. Inilah yang menyebabkan batang tanam kurus dan tidak bisa berbunga.
  7. Penyiraman bisa anda lakukan sebanyak dua kali sehari atau lebih. Tanah yang kering bisa memperpendek umur tanaman ini.
  8. Apabila tanaman sudah tampak tinggi, anda wajib menggantinya ke pot yang lebih besar. Pot besar mampu menampung nutrisi dan cairan dalam jumlah yang banyak, sehingga pertumbuhan tanaman pun tetap normal.
  9. Pastikan tanaman bisa mendapatkan sinar matahari minimal 6 jam sehari, agar sehat dan rajin berbunga.
  10. Tanaman mulai mengeluarkan kuncup bunga saat usianya mencapai 2 bulan. Sedangkan, bunga akan mekar setelah berumur antara 9-10 minggu.
Selamat menanam
Cara Menanam Bunga Matahari di Pot Cara Menanam Bunga Matahari di Pot Reviewed by Erwin Hauw on 2/24/2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.