Cara Menanam Bunga Mawar dengan Cangkok

Apakah anda tertarik untuk menanam bunga mawar di pekarangan rumah? Pesona keindahan yang dimiliki oleh bunga mawar disukai oleh banyak orang. Maka tak heran, jika bunga ini seringkali digunakan untuk menyampaikan perasaan seseorang kepada orang lain.
Tahukah anda, ternyata ada lebih dari 12.000 jenis bunga mawar yang tersebar di seluruh dunia lho. Masing-masing bunga ini memiliki ciri-ciri khasnya tersendiri. Misalnya saja, bunga mawar floribunda yang memiliki warna paling banyak, bunga mawar miniature yang berukuran paling kecil, atau bunga mawar trees yang bisa tumbuh besar menyerupai pohon.
Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk menanam bunga mawar ini. Di antaranya yaitu melalui biji, okulasi, stek, dan cangkok. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan referensi bagaimana menanam bunga mawar dengan memakai cangkok. Cara ini dipilih karena peluang keberhasilannya lebih besar dibandingkan dengan teknik yang lainnya.
Cangkok merupakan suatu jenis perkembangbiakan tanaman secara vegetatif buatan di mana kita akan memunculkan akar pada bagian batang tanaman. Batang mawar yang bisa dicangkok adalah mawar yang sudah berusia dewasa.
Yuk, ikuti panduan berikut :
Alat dan Bahan :
  1. Tanaman bunga mawar dewasa
  2. Pisau
  3. Plastik
  4. Karet gelang
  5. Sekop
  6. Tanah
  7. Pupuk kompos
Langkah-langkah :
A. Pembuatan Bibit dengan Cangkok
Caranya yaitu :
  1. Gunakan pisau tajam untuk mengupas lapisan kulit terluar dari batang mawar dengan panjang sekitar 1 cm. Hati-hati jangan sampai bagian putihnya terluka.
  2. Bersihkan tanah dari kerikil dan sampah, lalu campurkan dengan pupuk kompos.
  3. Balut bagian batang mawar yang telah dikelupas tadi memakai campuran tanah dan pupuk, kemudian bungkus dengan plastik. Gunakan karet gelang untuk mengikat plastik agar tidak melorot.
  4. Rontokkan semua daun di sepanjang batang yang dicangkok, kecuali daun bagian pucuknya. Cara ini dimaksudkan agar proses pertumbuhan tanaman berfokus pada pembentuk akar di batang.
  5. Rawat bakal cangkok ini dengan menyiramnya tiga kali sehari atau setiap tanah sudah mulai terlihat agak kering.
  6. Biasanya, pertumbuhan akar pada batang mawar akan memakan waktu hingga sebulan. Oleh karena itulah, kami menyarankan untuk membuat bibit yang banyak sekaligus.
  7. Setelah akar mulai bermunculan dari tengah batang mawar, potong bagian bawah plastik hingga menyisakan batang tanaman bagian atas dan akarnya.
B. Penanaman Bibit Mawar
Caranya yaitu :
  1. Pada dasarnya, menanam bibit mawar cangkok ini sama seperti menanam bibit tanaman lainnya. Anda perlu menyiapkan tanah sebagai media tanamnya agar bunga mawar bisa tumbuh subur.
  2. Agar tanaman rajin berbunga, pilihlah tempat yang mendapatkan sinar matahari pagi yang banyak dan hindarkan dari terik matahari saat siang.
  3. Tanaman juga perlu mendapatkan pupuk secara berkala agar kelangsungan hidupnya terjaga.
C. Pemetikan Bunga Mawar
Caranya yaitu :
  1. Karena kecantikannya, bunga mawar sering digunakan sebagai dekorasi ruangan. Maka mau tidak mau, bunga pun harus dipetik dari batangnya.
  2. Pemetikan yang benar adalah menggunakan gunting dengan memotong batang secara serong dan panjangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Hindari memetik bunga langsung dengan tangan karena akan mengakibatkan batang rusak dan akar patah karena tarikan yang kuat.
Semoga berhasil!

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Cangkok Cara Menanam Bunga Mawar dengan Cangkok Reviewed by Erwin Hauw on 2/23/2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.