Pilih VGA Amd atau Nvidia

NVIDIA dan ATI (sekarang lebih dikenal AMD) merupakan 2 vendor besar dalam pasar Cipset grafis untuk DEkstop maupun NoteBook. Untuk Anda yang ingin membeli komputer, dan sampai pada poin pemilihan kartu grafis (VGA), harus menghadapi pilihan yang sulit, pilih NVIDIA atau AMD? Problem ini juga saya hadapi ketika saya membeli laptop. Laptop yang dilengkapi NVIDIA atau AMD? Untuk membantu memilih VGA, saya mencoba mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk Anda. Sebagai catatan, di sini saya membandingkan jenis VGA terbaru dari kedua merek tersebut, yaitu NVIDIA GT 520 dan AMD Radeon HD 6450. Secara teknis, NVIDIA maupun ATI memiliki kelebihan dan kekurangan dalam sistemnya (lih. tabel spesification). Menurut sumber lainnya, NVIDIA dikatakan memiliki komponen-komponen yang “kalah” dari ATI. Pada beberapa tes benchmark, AMD menunjukkan hasil yang lebih baik.

Single monitor dan multiple monitor

Pada game Crysis, untuk resolusi yang sama, yaitu 1920 x 1080, dan dengan setting kualitas grafis tertinggi dengan 8x anti-alias, NVIDIA menghasilkan  60 fps, lebih rendah 3 fps dibanding AMD. Hal serupa terjadi juga pada game Just Cause 2. NVIDA 90 fps, sedangkan ATI 96 fps.
Namun ternyata ketika memainkan Crysis dengan setting 3 monitor dan setting grafis tertinggi, NVIDIA menghasilkan 32 fps, sedangkan AMD lebih rendah 2 fps. Dan jika ditambah setting 8x anti-alias, NVIDIA menghasilkan 23 fps, sedangkan AMD lebih rendah 10 fps (13 fps).

Suara bising

Untuk masalah suara bising. Pada saat memainkan STALKER, dengan setting grafis tinggi, GT 590M menghasilkan kinerja yang lebih “diam” dibanding HD 6990. Tentunya semua orang pasti tidak mau memiliki komputer bersuara seperti diesel bukan? Namun tenang saja, dengan suara yang lebih “diam” ini, bukan berarti mengurangi performa GT 590M.

Harga

Harga NVIDIA lebih mahal dibanding AMD. Harga yang lebih mahal ini bisa saja dapat menyebabkan GT 520M tidak banyak beredar di pasaran.  Belum lagi, ketika masuk ke Indonesia, tentunya harga tersebut akan makin mahal terkait adanya pajak.

Isu lainnya

Setelah membaca berbagai sumber, saya mendapatkan sebuah berita miring tentang NVIDIA. Berita ini menggunakan tes game-game yang relatif sudah lama, dan VGA dari kedua merek pun, bukan keluaran terbaru. Namun tidak ada salahnya Anda membaca artikel tersebut, mungkin dapat menambah bahan pertimbangan Anda dalam memilih VGA.

Referensi lain

Sebagai referensi, mungkin ada baiknya Anda juga membaca beberapa situs berikut ini (dalam bahasa Inggris).
  • Squidoo – Di sini dijelaskan profil NVIDIA dan AMD secara singkat
  • Passmark – Di sini Anda dapat melihat grafik perbandingan semua merek VGA yang ada. Mulai dari high end, mid range, sampai low end, beserta grafik-grafik perbandingan lainnya.
  • Tom’s Hardware – Anda bisa melihat review-review mendetail di sini
  • New Egg – Sebenarnya ini merupakan tempat membeli hardware komputer secara online. Namun di sini Anda dapat juga melihat berbagai review dari orang-orang yang sudah menggunakan hardware-hardware tertentu.

Kesimpulan

Untuk harga, AMD lebih murah dibanding NVIDIA. Jika Anda bukan benar-benar seorang penikmat game dengan kualitas grafis super yang suka bermain di multiple monitor, pilihan AMD merupakan hal yang tepat. AMD lebih sudah cukup bagus untuk game-game berat yang hanya akan Anda mainkan di single monitor.
Lain halnya jika Anda seorang penikmat game-game dengan grafis super dan memainkannya di multiple monitor. Atau jika Anda seorang desainer profesional yang menggunakan multiple monitor. Jika demikian, pilihlah NVIDIA.
Jadi, sebenarnya, semuanya tergantung pada fungsi komputer Anda. Pilihlah komputer dengan teliti, untuk apa fungsinya bagi Anda, serta hal lainnya. Dan tak kalah penting, perhatikan dana yang Anda miliki. Jangan terlalu memaksakan membeli VGA mahal.
Pilih VGA Amd atau Nvidia Pilih VGA Amd atau Nvidia Reviewed by Erwin Hauw on 1/14/2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.