Cara Menanam Bunga Kenop di Dalam Pot

Anda ingin menanam bunga kenop di taman depan rumah? Di beberapa daerah di Indonesia, bunga kenop dikenal dengan sebutan kembang gundul dan kembang puter. Ciri fisik dari bunga ini adalah struktur tanamannya berupa perdu dengan daun runcing kecil yang saling berhadapan. Bentuk bunganya yang bulat menyerupai bola berwarna putih dan merah keunguan menjadi daya tarik dari tanaman hias yang satu ini.
Perlu diketahui bahwa di habitatnya, tanaman kenop tumbuh secara liar baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Itu sebabnya, memelihara tumbuhan bunga kenop terbilang mudah, semudah menanam tapak dara.
Karena berbentuk perdu, maka bunga kenop paling cantik ditanam secara bergerombol. Dengan rimbunnya daun serta bunga-bunga berwarna cerah yang muncul di sela-selanya, membuat taman anda akan terlihat semakin menarik.
Alat dan Bahan :
  • Biji bunga kenop
  • Pot berukuran besar
  • Tanah kebun
  • Pupuk kompos
Langkah-langkah :
  1. Langkah pertama yang harus dikerjakan adalah menyiapkan media tanam yang cocok untuk perkembangbiakan bunga kenop. Karena tumbuh liar, tanaman ini bisa tumbuh di tanah kebun biasa. Namun agar pertumbuhannya lebih optimal, anda dapatkan menggunakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kompos yang diaduk rata.
  2. Selanjutnya, tanah tersebut dimasukkan ke dalam pot besar hingga penuh. Usahakan media tanam yang digunakan telah gembur dan bebas dari bebatuan.
  3. Bibit bunga kenop diperoleh melalui penyemaian biji yang diambil dari sela-sela kelopak bunganya. Agar lebih efektif, penyemaian bisa langsung dilakukan juga di dalam pot.
  4. Saat penyemaian, kurang lebih selama 1 bulan, letakkan pot di teras rumah agar terlindung dari derasnya hujan. Dalam 1 minggu pertama, pot tak perlu disiram agar tidak menyebabkan biji-biji kenop membusuk. Barulah setelah kecambah tumbuh, sesekali pot perlu disiram agar kebutuhan air tanaman ini terus tercukupi.
  5. Setelah berumur sekitar 1 bulan lebih dengan struktur tanaman yang sudah kuat, anda dapat memindahkan pot tersebut ke tempat terbuka. Usahakan posisi pot seimbang dengan koleksi tanaman anda yang lainnya.
  6. Jika belum berbunga, tumbuhan kenop ini memang terlihat membosankan. Tidak ada daya tarik selain segarnya daun berwarna hijau dari tanaman ini.
  7. Akan tetapi, setelah tumbuhan kenop peliharaan anda tersebut sudah berbunga, bersiap-siaplah karena bunga kenop ini akan menjadi daya pikat utama taman rumah anda.
Cara Menanam Bunga Kenop di Dalam Pot Cara Menanam Bunga Kenop di Dalam Pot Reviewed by Erwin Hauw on 2/23/2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.