10 Tanaman Rambat Berbunga yang Indah

Tanaman rambat sering tampak menghiasi taman di depan rumah. Batangnya yang lunak dan berukuran panjang, memungkinkannya bisa dibentuk sesuka hati. Keindahannya semakin tampak dari banyaknya rimbunan daun dengan bunga berwarna-warni.
Berikut ini beberapa macam-macam tanaman rambat yang memiliki bunga indah sekali.

Mandevilla merupakan tanaman hias dengan bunga berwarna merah, pink, dan putih. Tanaman ini bagus sekali untuk pagar rumah dan peneduh carport. Mandevilla dikenal sangat menyukai cahaya matahari untuk memproses makanannya. Satu hal yang perlu diperhatikan, karena tanaman ini rentan terhadap nematoda tanah, sebaiknya penanamannya dilakukan di pot dengan media arang kelapa.

Ciri utama tanaman ivy adalah batangnya yang menjalar, daun berbentuk segitiga yang rimbun, dan bunganya mekar setiap saat. Tanaman ini biasanya dipelihara di area kamar mandi, sebagai pelindung dinding eksterior, maupun penghias pohon natal. Namun di balik kecantikannya itu, getah ivy bersifat racun. Hati-hati jangan sampai terkena kulit karena akan menimbulkan alergi.

Sesuai namanya Flame of Irian, tanaman ini berasal dari Papua. Dengan bentuk bunga menyerupai susunan kuku, bunga ini bisa tumbuh sepanjang tahun. Di habitat aslinya, Flame of Irian biasa tumbuh dengan merambati batang pohon. Sementara untuk penghias rumah, tanaman ini cantik dijadikan pergola dengan bunga yang menjulur ke bawah.

Tanaman white clemantis tumbuh subur di daerah dingin. Yang menarik dari tanaman ini adalah jumlah bunganya yang muncul terbilang banyak dengan aroma wangi yang khas. Biasanya, white clemantis digunakan sebagai penghias pintu gerbang dan pagar.

Bagi masyarakat jawa, tanaman Arumdalu sudah akrab mempercantik pekarangan rumah. Sesuai dengan nama Arumdalu, arum berarti harum/wangi dan dalu/ndalu berarti malam, wangi bunga ini memang semerbak di malam hari. Menariknya, tanaman ini akan berbunga sepanjang tahun. Biasanya, masyarakat jawa memanfaatkannya sebagai pintu masuk rumah.

Dengan bunga berwarna putih dan ungu, Thunbergia umumnya dipakai sebagai tirai dan pergola. Tanaman ini memiliki daun dengan bentuk menyerupai jantung dan batangnya tumbuh secara merambat. Sedangkan, bunganya menempel ke batang dan menjuntai ke bawah.

Indah sekali, itulah ucapan yang spontan terucap saat kita melihat bunga dari tanaman Passiflora ini. Bunganya memang sangat atraktif, namun sayangnya hanya mekar sehari. Panjang batangnya bisa mencapai 3 meter dan sangat cantik sebagai penghias taman.

Tanaman Alamanda atau biasa disebut juga terompet emas dan lonceng kuning, merupakan tanaman hias yang sering digunakan sebagai vertical garden. Tanaman ini sangat unik karena memiliki bunga berbentuk seperti terompet dan berwarna kuning. Alamanda akan berbunga sepanjang tahun ketika tubuhnya mendapatkan sinar matahari penuh.

Entah kenapa tanaman ini dinamai melati belanda. Yang jelas, bunganya yang berwarna kemerahan ini tampak sangat cantik. Biasanya, tanaman ini dijadikan sebagai pergola alias tanaman rambat di pagar. Dengan bunganya yang tumbuh menjuntai ke bawah dan sangat banyak, tanaman ini akan meningkatkan keindahan taman anda. Seperti jenis bunga melati lainnya, bunga melati belanda juga memiliki aroma wangi yang kuat.

Morning Glory, saat ini sedang digandrungi oleh pecinta tanaman di Indonesia. Terang saja, dengan bentuk yang sederhana, keindahan tanaman ini sangat terasa. Warna bunganya pun bermacam-macam, mulai dari ungu, putih, biru, hitam, kuning, pink, merah, dan paduan dari beberapa warna tadi. Paling cocok,
10 Tanaman Rambat Berbunga yang Indah 10 Tanaman Rambat Berbunga yang Indah Reviewed by Erwin Hauw on 2/23/2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.